Selasa, 02 Agustus 2011

CHARLIE SI JENIUS DUNGU


Judul asli : Flower for Algernon


Tulisan terakhir diblog ini adalah februari 2010…..wew. udah sethunlbih ternyata g tak urus blog-ku yang satu ini……Ok sesuai janjiku pada bulan februari tahun2010 yang lalu (lama banget nepatinnya…..), aku bakal bahas tentang buku novel “Charlie si Jenius Dungu” versi aslinya “Flower for Algernon” gak tahu apa alasannya…..tapi berkali-kali aku nyoba google translate bahasa Indonesia-nya kayakny bukan itu deh.ok.kurasa itu bkan sesuatu yang penting buat dibahas panjang lebar, karena panjang kali lebar sama dengan luas, klo dikali lagi ama tinggi jadi volume.

Charlie, seorang penyapu lantai,terlahir dengan IQ 68 dan selalu jadi bahan olok-olok teman-temannya. Hingga suatu saat eksperimen yang dimaksudkan untuk meningkatkan kecerdasan manusia mengubahnya menjadi seorang jenius. Tapi kemudian, Algernon seekortikus yang sebelumnya sukses melalui eksperimen yang sama, mengalami kemunduran kecerdasan secara drastis dan akhirnya mati. Akankah hal yang sama akan terjadi pada Charlie….? #nantikanpada #episodeselanjutnya…….yak itu tadi adalah synopsis singkat yang ditulis pada cover belakang buku…….

Novel ini sendiri terbit pertama kali tahun 1966 ditulis oleh Daniel Keyes dan sudah diadaptasi dalam bentuk film pada tahun 1968 dengan judul Charlie…..(sayangnya ane blum liat film-nya……sulit cari download-an bwt film2 lawas…..). penulisan novel ini sendiri terbilang unik, karean Daniel Keyes menuliskannya dengan model seolah-olah novel ini sendiri adalah sebuah buku harian si Charlie itu sendiri, selain itu pada awal-awal novel kita harus membiasakan diri dengan tulisan yang amburadul seperti contoh berikut ini “Namaku Charlie Gordon. Aku kreja di toko kwe Donners. Pak Donners menggajiku 11 dolar tiap minggu ditambah roti dank we jika aku mau” feel strange dengan ejaab yang aneh tersebut. Jangan khawatir karena ejaan2 yang salah seperti “kwe” dan “kreja” itu emang disengaja oleh sang penulis novel itu sendiri untuk menggambarkan kondisi kecerdasan si Charlie itu sendiri pada awal-awal novel yang hanya memiliki IQ 68, tapi seiring dengan perkembangan kecerdasan si Charlie karena eksperimen yang dilakukannya tulisan itu pun membaik dengan sendirinya pada pertengahan novel.

Suatu hal yang brilliant menurutku, dengan mengambil ide bagaimana mengubah IQ seseorang dengan metode medis. Imajinasi yang cukup liar dari Daniel Keyes sendiri, tapi sayang Daniel Keyes sendiri menurutku kurang menjelaskan bagaimana hal tersebut dilakukan secara medis (maksudku, dia kurang membuat sesuatu yang tidak masuk akal itu menjadi sesuatu yang masuk akal), jika kita banding-kan dengan tulisan Dan Brown. Dan Brown yang kita lihat juga sering memasukkan unsure-unsur teknologi yang tidak masuk akal atau bisa dibilang belum ada pada zamannya, tapi dia berhasil membuat-nya seolah-olah teknologi tersebut benar-benar ada di dunia nyata, hal itulah yang ane lihat tidak ada pada tulisannya Daniel Keyes tersebut.

Daniel Keyes lebih tertarik untuk mengupas kondisi psikologis si Charlie yang berubah drastic dari seorang idiot menjadi seorang jenius. (cukup wajar aja se, menurutku, orang si Daniel Keyes itu sendiri psikolog), tapi kalau mau dibandingkan dengan Novel Daniel Keyes lainnya yang pernah ane baca (Pertarungan Jiwa Billy, The Fifth Sally, 24 Wajah Billy ama terakhir The Asylum Prophecies) buku ini termasuk yang paling sedikit unsur psikologis-nya, di antara novel-novel Daniel Keyes yang lain…….

Bagian paling menarik dari novel ini, menurutku adalah ketika si Charlie ingat bagaimana teman-temannya dulu sering mempermainkan dia saat dia masih bodoh, dan pada saat itu dengan bodohnya dia justru masih menganggap baik teman-temannya tersebut dan tidak sadar bahwa dia sedang dihina. Bisa dibayangkan gimana perasaannya si Charlie, ketika orang-orang yang selama ini dia kira baik, ternyata suka menghina dan mempermainkannya.

Well overall….kurasa novel ini cukup bagus sebagai hiburan, dan bahan bacaan…..gak terlalu tebel juga se, bukunya. Jadi bagi orang yang ilfeel ama buku tebel, gak usah khawatir. Btw klo ada yang punya link download film-nya bagi dong…..ane pengin liat versi film-nya…..

BTW......THX for read…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar